Maag bukan penyakit enteng

Maag bukan penyakit enteng - Hallo sahabat Sehat Alami, Pada sharing Artikel Tentang Kesehatan kali ini yang berjudul Maag bukan penyakit enteng, Semoga Bermanfaat .

Artikel : Maag bukan penyakit enteng
Judul : Maag bukan penyakit enteng

lihat juga


Maag bukan penyakit enteng

Sakit Maag Akut

MAAG. percaya deh, sudah banyak yang tahu. Tapi coba cek lagi, siapa yang benar-benar peduli untuk sembuh? Mungkin Anda termasuk yang 'cuek-cuek bebek' dengan penyakit yang sebenarnya nggak boleh dientengkan ini.
maag ringan



Pelan-pelan, MAAG sudah menjadi salah satu gejala yang kini "ditakuti" banyak orang. Pasalnya, buat penderitanya, maag banyak "menganggu" aktivitas penting. Maag sering datang tak terduga disaat yang penting dan menentukan. Tak cuma itu, maag akut yang bisa membawa penderita kepada kematian.

Dalam artikel di sebuah majalah kesehatan, asam lambung sebenarnya punya daya hancur yang kuat. Konon, menurut ilustrasi dalam majalah tersebut, Kalau kita bisa mengeluarkannya dari lambung, kemudian meneteskannya di kulit, pasti kulit akan terluka. Daya hancur itu memang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Yang membuat lambung kita tidak hancur oleh asam lambung adalah lapisan buffer. Dalam kondisi normal, kekuatan asam lambung dan buffer berimbang. Sedangkan pada kasus sakit maag, asam lambung lebih kuat. Ketidakseimbangan ini akan mengiritasi lambung dan menimbulkan luka.

Gejala sakit maag yang lebih spesifik

Gejala-gejala sakit maag selain nyeri adalah sakit di ulu hati, mual, muntah, lemas, kembung dan terasa sesak, nafsu makan menurun, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin, pusing, atau selalu bersendawa. Dan pada kondisi yang lebih parah, bisa muntah darah.

Kelebihan asam lambung ini akan menumpuk pada usus halus. Tingginya konsentrasi asam lambung juga menyebabkan penurunan kadar pH pada saluran cerna bagian atas. Kondisi asam ini mengakibatkan denaturasi enzim pankreas dan kerusakan garam empedu, padahal keduanya bekerja optimal pada pH 7-8. Hipersekresi asam lambung juga akan memicu percepatan waktu transit makanan dalam usus sehingga proses absorbsi berkurang dan menimbulkan diare. Umumnya cenderung bersifat sementara. Akan tetapi, pada beberapa pasien dapat sampai timbul ulkus peptik. Guna menekan produksi asam lambung dapat diberikan histamin-2 (H2) reseptor bloker atau proton pump inhibitor (PPI). PPI diyakini lebih efektif daripada H2 reseptor bloker. PPI seperti pantoprazole diberikan rutin postoperasi sebanyak 80 mg bolus intravena, dilanjutkan 8 mg/jam drip. Bila hendak diteruskan dengan oral, dosis PPI diberikan 2x/hari.

Pada beberapa kasus, sediaan PPI oral kurang dapat diabsorbsi dengan baik terutama bila jejunum yang tersisa kurang dari 50 cm. Untuk mensiasatinya, digunakan PPI intravena selama 2-3 hari. Pengobatan dikatakan berhasil bila terjadi pengurangan jumlah feses dan kadar pH yang tidak terlalu rendah pada feses segar. Jika pH feses segar kurang dari 6 berarti dosis PPI perlu dinaikkan atau frekuensi pemberian lebih sering.

Riset penyebab maag di Indonesia

riset penyebab maag

Dalam sebuah riset sederhana yang dilakukan dokter di Rumah sakit Cipto Mangunkusumo, banyak penyebab maag yang terjadi Indonesia. Yang pertama jelas karena aktivitas yang padat, sehingga jadual makan sering berantakan atau malah terlupakan. Ini alasan paling sering yagn muncul dari penderita maag. Kemudian, tingkat stress yang tinggi di kota-kota besar juga menjadi pemicu munculnya penyakit lambung ini. Makanan dan minuman yang memicu tingginya sekresi asam lambung, seperti makanan dan minuman dengan rasa asam, pedas, kecut, berkafeiin tinggi, mengandung vitamin C dosis tinggi, termasuk buah-buahan. Tapi harus dipahami juga, maag bukan semata soal asam lambung tinggi dan buffer bermasalah. Ada beberapa faktor lain yang membuat buffer melemah antara lain infeksi kuman (e-colli, salmonella atau virus), pengaruh obat-obatan, dan konsumsi alkohol berlebih.

Makanan pantang bagi penderita maag

Ada beberapa pantangan yang perlu diketahu oleh penderita maag, seperti di artikel yg sebelumnya dijelaskan pantangan makanan penderita maag . Anda mungkin sudah sering membaca apa saja yang tidak boleh dan boleh dinikmati. Tapi apa salahnya mengingatkan, betapa pentingnya menjaga dan mengontrol makan sehingga benar-benar sehat dan layak untuk tubuh kita. Hindari makanan yang banyak mengandung gas, seperti lemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yg dikeringkan dan minuman bersoda. Kemudian juga hindari makanan yang merangsang keluarnya asam lambung seperti kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih dan sari buah sitrus.

pantangan makanan maag
Pantangan lain yang perlu diwaspadai adalah hindari makanan yg sulit dicerna yg membuat lambung lambat kosong misal makanan berlemak, kue tart, keju. Kemudian juga makanan yg merusak dinding lambung seperti cuka, pedas, merica dan bumbu yg merangsang. Perhatikan juga makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah, seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan. Masih ada ajuga, seperti beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, singkong, tales, serta dodol. Hindari juga mengkonsumsi goreng-gorengan yang berlebihan juga makanan yang banyak mengandung es dan margarin. Gorengan dan margarin mengandung lemak tinggi yang membuat tubuh rentan terserang batuk dan memperlambat pengosongan lambung. Repot 'kan kalau sudah kena?

bagi yang sudah terlanjur maag, jangan khawatir, kami ada untuk berikan solusi. maag bisa dicegah, maag kambuh kambuhan bisa hilang, maag kronis bisa disembuhkan secara tuntas. Konsultasikan keluhan anda ke spesialis lambung Uswah.

kami akan memberikan solusi terbaik berdasar kepada gejala maag yang anda rasakan. Konsultasi gratis!!

sumber-referensi-yang-dibagikan


Konsultasikan keluhan sakit lambung anda kepada kami spesialis lambung
Bagi Anda Yang Ingin Konsultasi GratisBisa Di Layanan Konsumen :
PIN BB            5C8DE52F
SMS/WA/Line : 085221818880
Telepon            : 0265 – 324186 (jam kerja)
Atau datang ke alamat klinik kami :
Alamat Praktek Tetap :

Jl. Tamansari – Pasar Gegernoong,
Kota Tasikmalaya – Jawa Barat.
(+_300 Meter dari Rumah Sakit Islam Tasikmalaya)





Demikianlah Artikel Maag bukan penyakit enteng

Sekian Artikel Sehat Maag bukan penyakit enteng, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Artikel Sehat kali ini.

Anda sedang membaca artikel Maag bukan penyakit enteng dan artikel ini url permalinknya adalah https://obatherbalasamlambungkronis.blogspot.com/2014/10/maag-bukan-penyakit-enteng.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima Kasih.

0 Response to "Maag bukan penyakit enteng"

Posting Komentar