Obat Tradisional Penurun Asam Lambung

Obat Tradisional Penurun Asam Lambung - Hallo sahabat Sehat Alami, Pada sharing Artikel Tentang Kesehatan kali ini yang berjudul Obat Tradisional Penurun Asam Lambung , Semoga Bermanfaat .

Artikel : Obat Tradisional Penurun Asam Lambung
Judul : Obat Tradisional Penurun Asam Lambung

lihat juga


Obat Tradisional Penurun Asam Lambung

Naiknya asam lambung dari perut menuju kerongkongan akan menyebabkan rasa nyeri di dada atau terasa panas yang sangat tidak nyaman. Tidak selalu harus dengan obat, gangguan ringan seperti ini bisa juga diatasi dengan banyak cara lain, diantaranya dengan obat tradisional penurun asam lambung.
Berikut ini beberapa obat tradisional penurun asam lambung : 

1. Temulawak

Di peroleh sejumlah zat / senyawa dalam temulawak yang berkhasiat mengobati sakit maag, nyeri lambung, dan kesehatan untuk tubuh antara lain : Air 19,98%, pati 41,45%, serat 12,62%, abu 4,62%, abu tak larut asam 0,56%, sari air 10,96%, sari alkohol 9,48%, dan kurkumin 2,29%.Dari hasil pengujian tersebut, ditemukan juga kandungan alkaloid, flavonoid, fenolik, triterpennoid, glikosida tannin, saponin dan steroid .
cara mengobati  asam lambung naik yang efektif Selain itu, terdapat juga kandungan minyak atsiri sebesar 3,81%, meliputi : d-kamfer, sikloisoren, mirsen,p-toluil metikarbinol, pati, d-kamfer, siklo isoren, mirsen, p-toluil metilkarbinol, falandren, borneol, tumerol, xanthorrhizol, sineol, isofuranogermakren, zingiberen, zingeberol, turmeron, artmeron, sabinen, germakron, dan atlantone. 

2. Soya/kacang kedelai

Kacang kedelai sangat baik bagi kesehatan tubuh, karena kandungannya kaya akan protein yang baik dan bermanfaat, kacang kedelai mampu mengatasi gejala asam lambung naik  karena dapat menetralisir asam yang berlebihan di lambung.

Caranya :
Minum setiap hari susu soya 
        
 3.  Kunyit

Kunyit memiki kandungan kimia yang berguna untuk kesehatan lambung dan tubuh, antara lain : Kurkumin (terdiri dari kurkumin, 10% desmetoksikumin, dan 1-5% bisdesmetoksikurkumin ), minyak asitri ( turmeron, keton sesquiterpen, 60% tumeon, 25% zingiberen, sabinen, felandren, sineil, dan borneon ), 1-3% lemak, 3% Karbohidrat, 30% Protein, 8% Pati, 45-55% Vitamin C, serta garam-garam mineral ( zat besi, fosfor, kalsium).

Ambil dua ruas kunyit lalu kupas kulitnya terus cuci sampai bersih. Kunyit yang sudah bersih kemudian di parut lalu diperas untuk diambil sarinya dengan bantuan air matang. Minumlah sari kunyit tersebut 2 kali sehari pagi dan sore. Konsumsi beberapa hari agar khasiatnya terasa. 

4. Jahe

Saran yang satu ini harus dicerna dengan sangat hati-hati. Jahe bermanfaat bagi penderita refluks asam lambung hanya jika dikonsumsi dengan takaran pas. Lebih dari 2-4 gram sehari, justru bisa memperburuk nyeri dada akibat asam lambung.

Belum banyak penelitian soal manfaat jahe bagi asam lambung, namun pengalaman empiris secara turun temurun telah banyak membuktikannya. Cukup digunakan sebagai bumbu masak pada makanan-makanan yang berisiko meningkatkan asam lambung.

 5. Lidah buaya

"Lidah buaya bisa meredakan inflamasi di esofagus (kerongkongan) sebagaimana halnya di lambung," kata Victor Sierpina MD dari University of Texas Medical Branch soal manfaat aloe vera atau lidah buaya saat asam lambung naik ke kerongkongan.

Dr Sierpina menyarankan 1/2 gelas lidah buaya sebelum makan bagi yang sering mengalami refluks asam lambung. Efek samping yang harus diwaspadai adalah, jus ini bersifat laksatif atau meningkatkan frekuensi buang air besar.

 6. Pisang

Tidak hanya enak dan banyak gizinya, pisang juga bisa menjadi penawar bagi penderita asam lambung. Buah ini bisa menjadi antasida alami dengan cara melapisi dinding perut dan saluran cerna supaya tidak teriritasi oleh asam lambung.

Namun demikian, diingatkan bahwa tidak semua gangguan asam lambung cocok diobati dengan pisang. Pada beberapa orang, pisang justru bisa memperburuk. Jika sekali dicoba ternyata gagal, sebaiknya tidak usah nekat untuk terus mengkonsumsinya.

Demikian sedikit informasi tentang obat tradisional penurun asam lambung. Yang paling penting sebenarnya adalah menjaga pola hidup sehat dan hindari gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan hindari minuman yang beralkohol karena keduanya dapat merusak sphincter dan menyebabkan asam lambung naik karena sangat rentan terkena penyakit maag. Tetapi jika sudah terlanjur sakit, bisa mencoba obat tradisional penurun asam lambung diatas. Siapa tahu sakitnya bisa cepat sembuh. Terakhir, jika sakit asam lambung anda berlanjut, anda bisa menghubingi spesialis lambung atau tabib herbal yang bisa membantu mengobati sakit asam lambung anda.




Referensi :
 
Konsultasikan keluhan sakit lambung anda kepada kami spesialis lambung
Bagi Anda Yang Ingin Konsultasi GratisBisa Di Layanan Konsumen :

PIN BB             : 5E29237F
SMS/WA/Line : 085221818880


Atau datang ke alamat klinik kami :
Alamat Praktek Tetap :

Jl. Tamansari – Pasar Gegernoong,
Kota Tasikmalaya – Jawa Barat.
(+_300 Meter dari Rumah Sakit Islam Tasikmalaya)


Demikianlah Artikel Obat Tradisional Penurun Asam Lambung

Sekian Artikel Sehat Obat Tradisional Penurun Asam Lambung , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Artikel Sehat kali ini.

Anda sedang membaca artikel Obat Tradisional Penurun Asam Lambung dan artikel ini url permalinknya adalah https://obatherbalasamlambungkronis.blogspot.com/2015/02/obat-tradisional-penurun-asam-lambung.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima Kasih.

0 Response to "Obat Tradisional Penurun Asam Lambung "

Posting Komentar