Penyakit Flu Tulang itu Chikungunya dan Osteomyelitis

Penyakit Flu Tulang itu Chikungunya dan Osteomyelitis - Hallo sahabat Sehat Alami, Pada sharing Artikel Tentang Kesehatan kali ini yang berjudul Penyakit Flu Tulang itu Chikungunya dan Osteomyelitis , Semoga Bermanfaat .

Artikel : Penyakit Flu Tulang itu Chikungunya dan Osteomyelitis
Judul : Penyakit Flu Tulang itu Chikungunya dan Osteomyelitis

lihat juga


Penyakit Flu Tulang itu Chikungunya dan Osteomyelitis

Rasa nyeri pada sendi dan disertai demam, terkadang diartikan sebagai flu tulang, Tapi sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan flu tulang itu sendiri ya???

Sebenarnya tidak ada istilah flu tulang di dalam dunia medis, namun beberapa penyakit seperti Chikungunya dan Osteomyelitis tidak jarang diartikan oleh sebagian orang sebagai flu tulang. kenali kedua jenis penyakit tersebut untuk mengetahui kenapa diartikan sebagai flu tulang.

Penyakit Flu Tulang itu Chikungunya dan Osteomyelitis

Penyakit Flu Tulang itu Chikungunya dan Osteomyelitis

Berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat mengenai kedua penyakit ini Chikungunya dan Osteomyelitis yang sering orang bilang sebagai flu tulang :

  • Chikungunya
Chikungunya merupakan penyakit yang disebabkan oleh Virus Genus Alphavirus yang ditularkan dari nyamuk Aedes Albopictus dan Aedes Aegypti yang sudah terinfeksi kepada manusia. Chikungunya terkadang diklasifikasikan ke dalam virus rematik karena efeknya terhadap sendi, makanya sering dianggap oleh sebagian orang sebagai flu tulang karena sering mempengaruhi persendian pengidapnya.

Penyakit Flu Tulang itu Chikungunya dan Osteomyelitis

Virus Genus Alphavirus yang ditularkan oleh nyamuk tersebut, dapat membuat seseorang yang terinfeksi mengalami :
  • Demam tinggi hingga 40Celcius
  • Sendi membengkak
  • Muncul rasa sakit pada sendi di bagian : Pergelangan kaki, punggung bawah, lutut, antar tulang jari, atau pergelangan tangan
  • Merasakan kelelahan, pusing, sakit otot, mual dan timbul ruam-ruam di kulit.
Gejala penyakitnya dapat berlangsung selama sekitar 3 hari dan virus tetap dapat tinggal didalam tubuh selama sekitar 7 hari, meski jarang berakibat fatal. Pada masa fase ini, nyamuk lain yang menggigit sipenderita dapat ikut terinfeksi virus penyebab Chikungunya. Mereka yang sudah pernah terinfeksi akan memiliki kekebalan tubuh seumur hidup terhadap Chikungunya.

  • Osteomyelitis
Berbeda dengan Chikungunya, Osteomelitis merupakan infeksi tulang yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang tulang. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga dapat terserang penyakit ini. Biasanya, bagian tulang yang terinfeksi adalah tulang yang memiliki ukuran panjang, seperti :
  • Tulang kaki dan lengan pada anak-anak
  • Tulang kaki, pinggul dan tulang belakang pada orang dewasa

Penyakit Flu Tulang itu Chikungunya dan Osteomyelitis

Penyebabnya karena adanya beberapa jenis organisme atau bakteri (salah satu yang paling sering adalah bakteri Staphylococcus Aureus) yang menginfeksi disatu bagian tubuh, kemudian masuk ke dalam aliran darah dan menginfeksi tulang tertentu yang mana dapat menyebar melalui aliran darah kepada bagian tulang lainnya. Bakteri atau organisme yang menyebabkan Osteomyelitis dapat masuk ke dalam tubuh dengan beragam cara, mulai dari luka yang dalam, melalui proses operasi perbaikan fraktur tulang (tulang retak atau patah) atau operasi pergantian pinggul.

Gejala yang mungkin muncul jika seseorang terkena Osteomyelitis adalah :
  • Nyeri di bagian yang terinfeksi
  • Munculnya bercak kemerahan pada daerah yang terinfeksi
  • Demam dan Meriang
  • Rasa tidak enak badan
  • Bagian yang terinfeksi akan tampak mengering, membengkak, kaku atau mengalami kelumpuhan
  • Demam dan sakit pada bagian tulang yang merupakan bagian dari gejala penyakit ini membuatnya terkadang diartikan sebagai flu tulang.
Apapun tanggapan Anda mengenai kedua penyakit diatas yang disebut Chikungunya dan Osteomyelitis yang disebut dengan flu tulang, segeralah periksakan diri Anda kepada ahlinya atau dokter yang menanganinya ketika beberapa gejala diatas. Karena pada dasarnya, tidak ada istilah flu tulang di dalam dunia medis. Sehingga, Anda perlu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendiagnosa kondisi Anda yang sebenarnya. 

Demikian beberapa penjelasan mengenai penyakit flu tulang atau penyakit Chikungunya dan Osteomyelitis. Semoga bermanfaat... Aamiin.



Referensi :

Konsultasikan keluhan sakit lambung anda kepada kami Spesialis Lambung melalui kontak kami di widget.

Bagi anda yang ingin konsultasi Gratis!!! Bisa di Layanan Konsumen :
PIN BB             : 5E29237F
SMS/WA/Line  : 085221818880
Telepon             : 0265 – 324186 (jam kerja)

Atau anda bisa datang ke alamat klinik kami :
Alamat Praktek Tetap :
spesialis lambung
Jl. Tamansari – Pasar Gegernoong,
Kota Tasikmalaya – Jawa Barat.
(+_300 Meter dari Rumah Sakit Islam Tasikmalaya)


Demikianlah Artikel Penyakit Flu Tulang itu Chikungunya dan Osteomyelitis

Sekian Artikel Sehat Penyakit Flu Tulang itu Chikungunya dan Osteomyelitis , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Artikel Sehat kali ini.

Anda sedang membaca artikel Penyakit Flu Tulang itu Chikungunya dan Osteomyelitis dan artikel ini url permalinknya adalah https://obatherbalasamlambungkronis.blogspot.com/2016/04/penyakit-flu-tulang-itu-chikungunya-dan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima Kasih.

0 Response to "Penyakit Flu Tulang itu Chikungunya dan Osteomyelitis "

Posting Komentar